Minggu, 29 Januari 2023

5 Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin Untuk Kesehatan

- Selasa, 22 November 2022 | 11:07 WIB
Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari.foto TheAsianparent
Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari.foto TheAsianparent

METROPOLITAN.id- Mandi di pagi hari selain membuat tubuh terasa segar, ternyata baik juga untuk kesehatan. Manfaat mandi di pagi mempengaruhi kesehatan fisik, kesehatan mental dan juga dapat mengurangi gejala depresi. Ada kalanya mandi pagi menjadi rutinitas yang tidak mudah dilakukan. Dinginnya udara di pagi hari dan mata yang masih mengantuk terkadang membuat tubuh hanya ingin berada di balik selimut dan kembali terlelap. Mandi pagi dipercaya dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan sirkulasi tubuh. Tak hanya itu, mandi atau berendam dengan air dingin juga berfungsi sebagai hidroterapi atau terapi air untuk mengurangi gejala depresi dan memperbaiki suasana hati. Berikut, manfaat mandi air dingin di pagi hari yang bisa kamu peroleh bila dilakukan secara rutin, yaitu:

1. Meredakan gejala depresi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mandi dengan air dingin selama 5 menit setiap 2–3 kali dalam seminggu, dipercaya dapat meringankan gejala depresi atau stres. Ketika mandi menggunakan air dingin, tubuh akan memicu pelepasan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

2. Mengatasi susah bangun tidur

Bila Anda termasuk orang yang susah bangun tidur, mandi pagi dengan air dingin bisa menjadi cara yang tepat untuk mengatasinya. Saat terkena suhu dingin, tubuh akan bereaksi dengan meningkatkan denyut jantung dan asupan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh langsung terjaga.

3. Melawan berbagai penyakit

mandi-pagi">Manfaat mandi pagi lainnya adalah merangsang produksi sel darah putih atau leukosit. Leukosit berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Dengan kata lain, mandi pagi bisa membantu tubuh melawan berbagai serangan penyakit, seperti pilek dan flu.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Ketika mandi pagi dengan air dingin, tubuh akan bekerja sedikit lebih keras untuk mempertahankan suhu normal tubuh. Jika dilakukan secara teratur, hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

5. Meringankan nyeri otot

Nyeri otot setelah olahraga atau menjalani aktivitas fisik tertentu merupakan hal yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meredakan nyeri otot setelah berolahraga adalah mandi atau berendam menggunakan air dingin dengan suhu 10–15° Celsius selama 15 menit. Tak hanya meredakan nyeri atau kaku otot setelah olahraga, berendam dalam air dingin juga dapat mencegah kulit dari kerusakan.   Nah, itu dia manfaat mandi air dingin di pagi hari. Namun, perlu kamu ingat bahwa suhu air harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Jangan sampai air terlalu dingin atau mandi terlalu lama karena bisa berdampak pada suhu normal tubuh dan berisiko menimbulkan hipotermia. (Alodokter/salsa)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Polres Bogor Gandeng Brimob Gencarkan Patroli Malam

Minggu, 29 Januari 2023 | 13:21 WIB
X