Jumat, 31 Maret 2023

Imbas Video Viral Monyet Mati di Kandang, Pengelola Bogor Mini Zoo Minta Maaf

- Minggu, 18 Desember 2022 | 16:38 WIB

METROPOLITAN.id - Pengelola Bogor Mini Zoo meminta maaf atas kejadian dua ekor monyet mati di kandang yang sampai viral di media sosial (medsos).

Pengelola menyebut bahwa kejadian itu merupakan kelalaian dari pihaknya.

Pengelola Bogor Mini Zoo, Daniel Bawoto menuturkan, jadi sebenarnya hewan jenis monyet ini belum lama baru dibeli oleh pihaknya.

Kebetulan, pengelola memiliki konsep untuk membangun air terjun seperti yang ada di Tawangmangu.

Namun, yang jadi persoalan, pihaknya tidak menyadari bahwa kandang yang ada ini tidak layak untuk menampung sekitar sembilan ekor.

Sehingga, karena sudah terlanjur dibeli, akhirnya pihaknya mencoba memasukan monyet-monyet itu ke kandang tersebut.

Kemudian, keesokannya pihaknya mendapatkan laporan bahwa ada monyet yang mati.

Dari situ pihaknya pun langsung mengevakuasinya. "Nah memang kondisi kita dari pengelola sini kesalahannya engga bilang dulu. Kandangnya enggak layak untuk sebanyak itu," kata Daniel kepada wartawan baru-baru ini.

"Memang kalau liat berantem langsung enggak, tapi dari ciri-cirinya ada ekor yang putus dan luka, mungkin karena kekecilan kan kandangnya, mungkin itu dan kami memohon maaf atas kelalaian itu," sambung dia.

Disisi lain, Daniel juga mengakui bahwa hingga saat ini pihaknya mengalami kekurangan SDM, terkhusus untuk orang yang spesifik untuk menangani monyet.

Atas itu, pihaknya sementara waktu akan mencari terlebih dahulu orang yang benar-benar mengerti akan menangani hewan tersebut. "Sementara kita cari, tapi kita belum-belum dapat, jadi yang ngurus-ngurus ini yang biasa ternak-ternak biasa, ayam sama sapi," ucap dia.

"Kalau dokter hewan kita ada 3 yang khusus, tapi dia spesialis kuda dan dia juga yang periksa disini.

Iya spesialis (dokter hewan primata) tidak ada," ujarnya. Sebelumnya, Wali Kota Bogor, Bima Arya menutup sementara Bogor Mini Zoo imbas video viral dua ekor monyet mati di kandang yang tersebar di media sosial (medsos) baru-baru ini.

Penutupan ini diketahui saat Bima Arya kembali mendatangi Bogor Mini Zoo yang berlokasi di Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada Jumat 16 Desember 2022. "Saya minta tidak beroperasi terlebih dahulu, kita stop dulu," kata Bima Arya kepada wartawan.

Halaman:

Editor: M Reza Malik

Tags

Terkini

Kreasi Olahan Buah Kurma untuk Ide Berbuka Puasa

Rabu, 29 Maret 2023 | 17:00 WIB
X