Minggu, 26 Maret 2023

Mencuci Daging sebelum Dimasak ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan, Simak Ya Tipsnya

- Jumat, 3 Februari 2023 | 13:15 WIB
Ilustrasi daging mentah sebelum diolah menjadi masakan. (Pixabay)
Ilustrasi daging mentah sebelum diolah menjadi masakan. (Pixabay)

METROPOLITAN.id - Banyak konsumen yang setelah membeli daging di pasar langsung buru-buru mencuci daging sebelum dimasak.

Namun ternyata ini sangat tidak dianjurkan, karena bakteri dari daging mentah dapat menyebar ke makanan atau peralatan dan permukaan dapur lain yang sering disebut kontaminasi silang. Ini juga akan berpengaruh pada kesehatan. 

Baca Juga: 4 Ganda Campuran Indonesia Berburu Tiket Semifinal Thailand Masters 2023

Seperti dikutip dari laman Fsis, beberapa konsumen berpikir mereka menghilangkan bakteri dan membuat daging mereka aman dengan cara mencuci. Namun rupanya beberapa bakteri dapat menempel pada daging bahkan setelah mencuci berulang kali.

Selain itu, area yang terkontaminasi bakteri juga berpotensi menyebabkan penyakit bawaan makanan yang mengancam kesehatan jika tidak dibersihkan dengan benar.

Nah, memasak daging dengan suhu yang tepat lebih disukai, karena dapat membunuh bakteri yang ada. Oleh karena itu, daging mentah tak perlu dicuci terlebih dahulu.

Untuk mengetahui apakah makanan Anda telah mencapai suhu yang cukup tinggi untuk membunuh bakteri bawaan makanan, Anda dapat menggunakan termometer makanan.

Masaklah semua daging sapi dan daging sapi mentah di atas panggangan hingga mencapai suhu minimal 62°C.

Diamkan daging kurang lebih tiga menit sebelum dikonsumsi setelah dimasak demi menjaga keamanan serta kualitasnya.

Mencuci tangan setelah memegang daging mentah atau unggas, bahkan kemasannya, merupakan sebuah keharusan. Sebab, Anda bisa saja sakit dengan mengambil sepotong buah dan memakannya setelah memegang daging mentah atau unggas tanpa cuci tangan. (***/Pepo.id)

Editor: Noviati Fajar Anugrah

Tags

Terkini

X