Jumat, 3 Februari 2023

Bahaya! Tahu Bulat Digoreng Dadakan Mematikan

- Selasa, 13 Agustus 2019 | 10:15 WIB

METROPOLITAN - Kabar mengejutkan datang dari Kabupaten Bogor. Jajanan tahu bulat yang biasa dijual ke masyarakat itu terindikasi mengandung boraks. Hal itu terungkap saat Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor melakukan sidak ke Pasar Ciawi pada Kamis (8/9).

Setidaknya ada tiga dari em­pat jenis makanan yang diuji sampel Disperdagin bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Polres Bogor yang mengandung boraks. Yakni tahu, mi kuning serta cilok. Hasil lab itu dikelu­arkan Dinkes Kabupaten Bo­gor.

“Hasil uji ini merupakan tahap awal dari pengawasan, mengingat banyak jenis-jenis makanan yang beredar di ma­syarakat,” kata Kepala Disper­dagin Kabupaten Bogor Nu­radi kepada Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan, nantinya makanan yang sudah diuji lab itu akan kembali diuji di Balai Besar Industri Argo (BBIA) yang ada di Kota Bogor. Tujuannya untuk mengetahui lebih dalam kandungan apa saja yang ada di dalamnya.

“Sejauh ini kami belum bisa menghalau pere­daran makanan yang mengandung boraks di pasar. Karena kita harus melakukan sosialisasi dahulu kepada me­reka (penjual, red). Kemudian itu memang makanannya tidak terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM),” ucapnya.

Makanan yang diindikasi mengandung boraks memang mayoritas berasal dari Industri Kecil dan Menengah (IKM) atau produk rumahan, se­hingga Disperdagin sendiri sulit melacak keberadaannya. Untuk itu, pihaknya tidak mau mengambil keputusan sepihak dan mematikan produk-produk IKM.

“Bisa saja kan itu pro­duknya dari luar daerah. Kita juga tidak bisa memanggil penjual karena dia hanya di­titipkan barang saja,” imbuh mantan setwan Kabupaten Bogor itu.

Nuradi juga menjelaskan bahwa nantinya untuk tindak lanjut penelusuran akan di­serahkan kepada pihak ber­wajib, dalam hal ini Polres Bogor. Sedangkan untuk Dis­perdagin sendiri hanya sam­pai batas sosialisasi kepada para pedagang, pembeli dan juga akan melakukan peme­taan terhadap peredaran ma­kanan tersebut.

“Untuk pen­indakan itu ranahnya polres ya, kita hanya menyampaikan saja temuan kita dan nanti tindak lanjutnya dari polres,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Plaza Bogor Dibongkar usai Lebaran, Pedagang Girang

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:14 WIB

Tiga Bocil Puncak Jadi Korban Pedofil

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:02 WIB

9 Korban Wowon Cs Tewas, Terakhir Anak-Istri Dihabisi

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:01 WIB
X