Senin, 2 Oktober 2023

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapas Khusus Gunungsindur, Kakanwil Jabar Ingatkan Hal-hal Ini

- Kamis, 1 Juni 2023 | 13:42 WIB
Suasana Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapas Khusus Kelas IIA Gunungsindur, Kamis 1 Juni 2023. (Lapas Gunungsindur )
Suasana Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapas Khusus Kelas IIA Gunungsindur, Kamis 1 Juni 2023. (Lapas Gunungsindur )

METROPOLITAN.ID - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, R. Andika Prasetya, didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Kusnali, memimpin langsung Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Kamis 1 Juni 2023.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, R Andika Prasetya membacakan amanat tertulis Presiden RI dengan tema 'Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global'.

Andika mengingatkan untuk terus mengamalkan nilai ideologi Pancasila, mengenang jasa para pendahulu dan mensyukuri prestasi bangsa Indonesia berkat bimbingan Pancasila.

Baca Juga: Komisi X DPR RI Dukung Tambah Anggaran Perpusnas Tahun Depan

“Berkat Pondasi Ideologi Pancasila yang diwariskan oleh Founding Fathers kita, Ir Soekarno, Indonesia mampu keluar dari krisis yang melanda dunia, termasuk krisis Kesehatan, pangan, energi dan keuangan. Kondisi ekonomi, sosial dan politik Indonesia stabil terjaga dan bahkan semakin kokoh. Inflasi terkendali, investasi tumbuh dan peluang kerja bertambah,” imbuhnya.

Andika menegaskan, saat ini, pemerintah dan seluruh komponen bangsa terus berjuang untuk menghadirkan pembangunan Indonesia Sentris yang adil dan merata.

Keadilan dan pemerataan, harus dipadukan dengan kesejahteraan melalui reformasi strukutal, peningkatan kualitas SDM dan hilirisasi Industri.

Baca Juga: Dewan Minta Pemkab Bogor Jangan ‘Anak Emaskan’ Sekolah Negeri Saja

“Idelogi Pancasila yang mengajarkan sikap toleran, keberanian dan menghargai perbedaan, telah membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia,” terangnya.

Diakhir sambutan Andika, menyampaikan toleransi, persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh dan menciptakan dunia yang damai dan sejahtera.

"Mari kita perjuangkan visi Indonesia 2045 menjadi Indonesia Maju, naik kelas dari negara berkembang menjadi negara maju, yang adil, sejahtera dan merata, serta berwibawa dalam percaturan pergaulan dunia. Selamat Hari Lahir Pancasila, Merdeka!,” ujarnya.

Baca Juga: Libur Nasional Hari Lahir Pancasila, Kawasan Puncak Padat, Polisi Terapkan Oneway Arah Cianjur

Upacara dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Ka. UPT Kemenkumham Bogor Raya, Pejabat Struktural dan ASN kedua UPT Lapas Khusus dan Lapas Narkotika Kelas IIA Gunungsindur. (Nasir)

Editor: Fadlya El'Arsya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X