Senin, 25 September 2023

Kades Warungmenteng Keliling Wilayah Monitoring Pelaksanaan Pembangunan Dana Desa

- Jumat, 2 Juni 2023 | 17:47 WIB
Pembangunan RTLH di Desa Warungmenteng Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor yang menggunakan dana desa.  (Anto/Metropolitan )
Pembangunan RTLH di Desa Warungmenteng Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor yang menggunakan dana desa. (Anto/Metropolitan )

 

METROPOLITAN.ID - Kepala Desa (Kades) Warungmenteng, Kecamatan Cijeruk, Asep Jaenal Arifin memonitoring pelaksanaan kegiatan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023 termin pertama.

Monitoring bertujuan sebagai bahan untuk laporan dan evaluasi pembangunan yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dan masyarakat.

Kades Warungmenteng, menerangkan, ada 8 unit RTLH yang mendapat bantuan rehab RTLH, yang disebar di 8 RW, dan pembangunan irigasi di Kampung Lengis Hegar, RW 07 dengan panjang 119 meter, tinggi 0,65 meter.

Baca Juga: Pemkab Bogor Bakal Gelar Pelayanan Publik Cepat pada Puncak Peringatan HJB

"Untuk rehab RTLH yang sedang dikerjakan baru Empat Unit, Empat unit lagi kita masih menunggu tukangnya dulu, jadi bergantian. Insya Allah Minggu- Minggu ini selesai, dan untuk irigasi masih dalam tahap pengerjaan," Ujarnya.

Rehab 8 RTLH dan pembangunan irigasi berdasarkan musyawarah dengan lembaga desa.

Maka dari itu hasil musyawarah ini kepala desa langsung memutuskan hasil musyawarah kepada TPK untuk merealisasikan ke masyarakat yang kurang mampu.

Baca Juga: Bareng Kadisperumkim, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim Serahkan Bansos RTLH di Cilendek Barat

"Rehab RTLH ini, berdasarkan musyawarah dulu, yang layak menerima dan siap direhab. Setelah siap maka saya putuskan delapan rumah wajib untuk direhab karena masuk kriteria warga kurang mampu, dan rumahnya juga sudah memprihatinkan," ucapnya.

Sedangkan pembangunan irigasi bertujuan untuk mencegah banjirsaat hujan turun, dan memperlancar aliran air ke sungai. Sehingga diperlukannya pembanguan irigasi saluran air.

"Untuk irigasi saluran air, memang warga RW 07 membutuhkan saluran air, karena ketika hujan turun aliran air kurang lancar dan menyebabkan banjir. Walau tidak sampai parah, tapi sangat mengganggu. Mudah-mudahan setelah semuanya kita realisasikan tidak ada lagi keluhan dari masyarakat," paparnya. (Anto)

Editor: Fadlya El'Arsya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X