metropolitan-network

Disdukcapil Kota Sukabumi Menuju Transformasi Layanan Digital, Dorong Warga Gunakan IKD

Rabu, 24 September 2025 | 19:54 WIB
Foto bersama jajaran Disdukcapil Kota Sukabumi bersama masyarakat dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik. (Usep Mulyana Metropolitan)


METROPOLITAN.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi mempertegas komitmennya menuju pelayanan publik yang paripurna dan bebas birokrasi berbelit.

‎Komitmen untuk menuju transformasi layanan digital itu ditandai dengan digelarnya Forum Konsultasi Publik yang berlangsung pada Rabu, 24 September 2025.

‎Kegiatan dihadiri beragam unsur masyarakat, mulai dari akademisi Universitas Linggarbuana, Ketua RW 07 Kelurahan Karamat, perwakilan RS Kartika Kasih, Forum Lansia Sukabumi, Dinas Sosial, hingga organisasi pers PWI Kota Sukabumi.

‎Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Tejo Condro Nugroho menyebut forum ini sebagai sarana menampung aspirasi, kritik, dan masukan yang nantinya menjadi dasar perumusan kebijakan dan strategi pelayanan.

‎“Kami ingin pelayanan prima di Disdukcapil betul-betul dirasakan masyarakat. Masukan yang kami terima hari ini menjadi bahan evaluasi penting bagi program kerja ke depan,”ujarnya didampingi Sekretaris Disdukcapil, Tantan Hadiansyah.

‎Tejo mengungkapkan, berbagai inovasi layanan sudah disiapkan, di antaranya program Tri-G (Gercep, Geber, Gaspol) dan strategi Tri-C (Cakap, Cermat, Cepat). Kedua program ini ditujukan agar layanan lebih cepat, tepat, dan ramah.

‎“Tujuannya jelas, kami ingin segera mencapai predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani),” tegasnya.

‎Lebih jauh, Tejo menargetkan ke depan seluruh layanan kependudukan dan pencatatan sipil dapat diakses secara daring, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil.

‎Bahkan, pihaknya menyiapkan skema layanan antar dokumen sampai ke rumah warga. Selain itu, Tejo mendorong masyarakat segera beralih menggunakan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

‎Proses aktivasi IKD dapat dilakukan langsung di kantor Disdukcapil melalui ponsel Android milik warga atau dengan mengundang petugas untuk hadir di pemukiman.

‎“Kami siap turun langsung memberikan pelayanan. Kepuasan masyarakat adalah kebahagiaan kami,” tutupnya. (um)

Tags

Terkini