METROPOLITAN.ID - Hyundai Ioniq 5 menjadi salah satu mobil listrik paling diminati di Indonesia berkat desain futuristik, teknologi modern, dan performa andal.
Namun, tak sedikit pula keluhan dari konsumen yang mengalami kendala dalam layanan purnajual, seperti yang dialami oleh seorang pengguna di Bekasi.
Seorang konsumen bernama Nisa membagikan pengalamannya melalui media sosial terkait proses panjang perbaikan Hyundai Ioniq 5 miliknya setelah terendam banjir bandang yang melanda kawasan Jabodetabek pada Maret 2025.
Baca Juga: Dihadapan Massa Aksi, Bupati Rudy Susmanto Janji Perjuangkan Warga di Jalur Tambang
Nisa membeli Hyundai Ioniq 5 secara kredit pada Oktober 2024 di dealer Hyundai Summarecon Bekasi.
Kendaraan tersebut dilengkapi dengan asuransi all risk dengan perluasan perlindungan terhadap banjir dan huru-hara dari Asuransi Total Bersama (TOB).
Saat banjir melanda pada awal Maret 2025, mobil milik Nisa mengalami kerusakan parah dan harus diderek ke bengkel resmi Hyundai Harapan Indah.
Komunikasi awal dengan pihak bengkel dilakukan melalui WhatsApp dan sambungan telepon.
Menjelang akhir Maret, pihak bengkel menginformasikan bahwa mobil telah dibersihkan dari lumpur dan kotoran sisa banjir.
Namun, proses perbaikan belum selesai karena masih ada kendala teknis.
Baca Juga: Angkut Pikan Pengangkut Bensin Ludes Terbakar di Rumpin,
Pada pertengahan April, Nisa menghubungi pusat layanan pelanggan Hyundai untuk meminta kejelasan terkait status perbaikan. Dalam tanggapan tertulis, pihak call center menyatakan:
“Selamat siang, Ibu. Saya mendapat informasi mengenai adanya laporan komplain mengenai unit Ibu. Untuk estimasi tambahan mengenai sensor yang menyala dan baterai sudah saya tangani bersama pihak asuransi. Untuk penyelesaian pengerjaan kendaraan, kami tidak bisa terburu-buru karena banyak kemungkinan yang terjadi pada unit yang terendam banjir. Saat ini masih ada indikasi jika baterai juga bisa mengalami kerusakan, karena unit tidak bisa distart, hanya menyala pada clusternya. Terima kasih.” mengutip dari Instagram @indrancanwar.
Pada 16 April, mobil milik Nisa kemudian dipindahkan ke bengkel Hyundai Kalimalang untuk perbaikan lanjutan.