Minggu, 21 Desember 2025

Heboh iPhone Hilang di Pesawat, Begini Nasib Kru Kabin Garuda Indonesia

- Rabu, 11 Juni 2025 | 13:22 WIB
Ilustrasi Nasib Kru Kabin usai iPhone Milik Penumpang Hilang di Pesawat. (Getty Images)
Ilustrasi Nasib Kru Kabin usai iPhone Milik Penumpang Hilang di Pesawat. (Getty Images)


METROPOLITAN.ID - Peristiwa mengejutkan menimpa seorang penumpang bernama Michael Tjendara dalam penerbangan Garuda Indonesia GA716 rute Jakarta-Melbourne pada 6 Juni 2025.

Dalam perjalanannya tersebut, Michael mengaku kehilangan sebuah iPhone saat berada di dalam kabin pesawat.

Kronologi yang ia bagikan lewat media sosial membuat kejadian ini menjadi viral dan memicu sorotan tajam publik terhadap sistem keamanan serta prosedur penanganan barang hilang di pesawat Garuda Indonesia.

Menurut penuturan Michael Tjendara, ia melakukan perjalanan bersama istri dan dua anaknya dengan duduk di kursi 30D saat proses boarding. iPhone miliknya kala itu ia simpan di kursi tersebut sebelum kemudian berpindah ke kursi 32E untuk beristirahat selama penerbangan.

Namun, saat penerbangan mendekati akhir dan Michael kembali mengecek tempat asalnya, ponsel tersebut sudah tidak ada di tempat.

Ia segera menyadari kehilangan itu ketika telah tiba di Bandara Melbourne, Australia, dan langsung mencoba melaporkan kepada kru kabin Garuda Indonesia yang masih berada di area pesawat.

Namun sayangnya, saat Michael hendak melaporkan kejadian tersebut, seluruh kru kabin telah meninggalkan kabin pesawat, sehingga tidak sempat menerima laporan langsung secara resmi. Hal ini kemudian menjadi sorotan utama karena dianggap menunjukkan celah dalam sistem pelayanan pasca-pendaratan.

Viral di Media Sosial dan Respons Publik

Melalui unggahan di akun Instagram pribadi milik Michael Tjendara, kronologi insiden ini diuraikan secara detail. Postingan tersebut cepat menyebar di berbagai platform media sosial, memancing diskusi luas dari para netizen.

Banyak yang mempertanyakan standar operasional kru kabin, terutama dalam menangani barang milik penumpang yang tertinggal atau hilang.

Beberapa warganet menyayangkan tidak adanya tindak lanjut cepat dari pihak maskapai maupun kru kabin dalam merespons insiden kehilangan tersebut.

Bahkan sejumlah pengguna media sosial mempertanyakan apakah Garuda Indonesia memiliki SOP yang jelas terkait prosedur penanganan barang hilang di pesawat.

Nasib Kru Kabin dan Tanggapan Garuda Indonesia

Dalam perkembangan terbaru, pihak Garuda Indonesia dikabarkan telah membebastugaskan sementara kru kabin yang bertugas pada penerbangan GA716 untuk kepentingan investigasi internal.

Langkah ini diambil sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan sekaligus upaya untuk menelusuri lebih lanjut bagaimana insiden tersebut bisa terjadi.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Tags

Terkini

X