METROPOLITAN - Tahun lalu pada ajang Indonesia Motorcycle Show (Imos) 2016, PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan secara perdana Suzuki GSX R150 dan GSX S150. Rupanya, acara tersebut pun menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di dunia yang memperkenalkan sepeda motor tersebut.
Kehadiran motor sport ini kian meramaikan segmen motor sport di tanah air, khususnya kelas 150cc. Dengan hadirnya GSX R150 dan GSX S150 tentunya membuat kompetitor pun mempersiapkan strategi khusus agar porsi penjualannya tidak tergerus. GSX R150 merupakan motor sport full fairing, sedangkan GSX S150 motor sport jenis naked bike.
Berbicara pesaing, di segmen sport 150cc cukup banyak pemainnya. Sebut saja di Yamaha ada R15 juga Honda CBR 150R. Meski demikian, GSX R150 dan GSX S150 memiliki perbedaan. Walau tidak ada perubahan signifikan, motor ini sama-sama menggendong mesin berkapasitas 150cc, 4-tak, DOHC, 4 valve dengan basis mesin yang sama seperti All New Satria F150 FI.
Menurut Audi Tarantini, Product Planning 2W Section Head PT Suzuki Indomobil Sales, GSX R150 dan GSX S150 memiliki segmen pasar berbeda. Untuk GSX R150 ditujukan bagi anak muda. Sedangkan GSX S150 bagi mereka yang berjiwa muda.
"GSX S150 bagi mereka yang mature dan juga berjiwa muda. Motor naked ini cocok bagi mereka yang doyan touring serta cocok dan nyaman untuk pemakaian harian," jelasnya di Bandung belum lama ini.
Audi pun menjelaskan, target dari GSX S150 adalah mereka yang menyukai kepraktisan dalam berkendara, kemudian merek yang ingin tampilan motor sporty. Selain itu, karakteristik konsumen ini pun adalah yang ingin mempunyai motor yang dapat digunakan di perkotaan dan perdesaan. Tentunya dengan tampilan motor elegan, dinamis, dan stylish.
Seperti diketahui, motor sport di tanah air masih memiliki peminat cukup banyak dan terbuka. Hal tersebut cukup beralasan, sebab pada 2015 kemarin Suzuki Motor Corporation (SMC) Japan menetapkan 100 rencana strategi bisnis sepeda motor untuk lima tahun ke depan. Salah satu strategi besar yang akan berpengaruh pada bisnis di Indonesia adalah Suzuki fokus pada konsep pengembangan sepeda motor backbone sport mulai dari kapasitas 150cc.
Untuk sepeda motor GSX R150 ini Suzuki memiliki filosofi tersendiri dalam pengembangannya, yakni focus on overall balance performance, endurance-proven, dan racetrack potential.
Secara spesifikasi, Suzuki GSX R150 yang memiliki tampilan racing, mengusung mesin 150cc DOHC berteknologi fuel injection yang sanggup menghasilkan performa tinggi. Bobotnya yang ringan menjadikan GSX R sangat menyenangkan dikendarai.
Suzuki GSX S150 hadir bersamaan dengan GSX R150 sebagai pilihan terbaik bagi konsumen yang lebih mengutamakan kenyamanan mengendarai motor berperforma tinggi. GSX S150 menggunakan mesin dan sasis yang sama dengan GSX R150 namun bergaya lebih sporty dan ergonomis.
Baik GSX R150 dan GSX S150 keduanya memiliki sejumlah fitur unggulan dan menjadikannya yang pertama di kelasnya. Mulai dari keyless, LCD spidometer, easy start system.
Satu lagi keunggulan dari motor ini adalah GSX R150 memiliki desain sama dengan MotoGP dan ada aksesoris winglet.
GSX R150 dan S150 menjadi yang paling ringan di kelasnya. Bobot dari GSX R150 adalah 126 kilogram, jika dibandingkan dengan kompetitor rata-rata bobotnya adlaah 130-136 kilogram. Dengan bobot ringan, maka motor lebih bertenaga dan kencang.
Berikutnya lubang knalpot. GSX R150 dan S150 memiliki dua lubang knalpot. Dengan teknologi itu, suara menjadi lebih enak didengar dan bertenaga. Terakhir adalah Lampu depan sudah LED. Kedua model motor ini dapat memancarkan cahaya yang lebih terang dari lampu utamanya.