METROPOLITAN.id - Founder Rayendra Center, Raendi Rayendra atau yang akrab disapa Dokter Rayendra mengisi mata kuliah umum di Universitas Pakuan (Unpak) Bogor baru-baru ini.
Kegiatan isi mata kuliah yang diikuti mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Pakuan Bogor itu berlangsung di Ruang Aula Madya.
Diketahui, selain ahli di bidang kesehatan, Dokter Rayendra merupakan pebisnis handal yang memiliki cabang cabang klinik kecantikan di beberapa titik. Dengan jumlah pelanggan yang kian hari kian banyak, dirinya didaulat sebagai pembicara untuk memberikan kiat bisnisnya kepada sejumlah mahasiswa.
Bertemu ratusan mahasiswa semester 3 FEB Unpak Bogor, Dokter Rayendra bertujuan memberikan edukasi. Kali ini bukan edukasi kesehatan yang disampaikan Dosen UIN Fak Kedokteran itu, melainkan materi Bisnis dipaparkan diantaranya materi Segmenting, Targeting dan Positioning (STP).
"Stategi STP mungkin sudah tidak asing dipraktisi bisnis, namun tak semua pebisnis bisa mengimplementasikan STP," kata Dokter Rayendra.
Menurut Dokter Rayendra, di era 4.0 seperti ini, pebisnis diharuskan peka terhadap perubahan. Karena, bagaimana menjadikan perubahan suatu peluang, merupakan modal utama pebisnis.
“Yang abadi adalah perubahan, hendaknya para pelaku bisnis bisa adaptif dan pandai melihat peluang,” ucap Dokter Rayendra.
Pada kesempatan ini, Dokter Rayendra mengaku senang diberi kesempatan untuk bertatap muka dan ngampus bersama mahasiswa di Universitas Pakuan Bogor.
Diharapkan, para mahasiswa yang merupakan harapan bangsa ini bisa terus berinovasi dan berkreasi untuk mendapatkan peluang usaha.
“Kesenangan tersendiri bagi saya bisa berbagi ilmu dan bertatap muka dengan para mahasiswa," ungkap dia.
“Semoga ilmunya bermanfaat, dan saya bisa kembali mendapatkan kesempatan serupa (mengisi kuliah umum di Universitas Pakuan Bogor),” harap Dokter Rayendra. (rez)