METROPOLITAN.ID - Sebagai rangkaian dari kegiatan pengabdian masyarakat terpadu Sekolah Vokasi IPB University, dosen program studi Manajemen Agribisnis memberikan pelatihan Branding dan Komersialisasi Produk UMKM di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada 17 Oktober 2024.
Pelatihan yang digelar doses Sekolah Vokasi IPB University di Mulyaharja ini berupa pentingnya branding dan komersialisasi, pentingnya mengetahui selera konsumen, strategi pemasaran produk melalui digitalisasi, serta komunikasi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan nilai jual produk.
Penanggung jawab kegiatan Pengabdian Terpadu Sekolah Vokasi IPB University di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Dr Doni Sahat T.M, SE, M.Si menyampaikan bahwa pelatihan kali ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pengabdian Terpadu dari Sekolah Vokasi yang menggandeng 17 program studi.
Tujuannya membangun kolaborasi untuk ikut mengembangkan Kelurahan Mulyaharja dari berbagai bidang, pelatihan ini diikuti oleh UMKM yang berada di wilayah Kelurahan Mulyaharja.
Pelatihan ini dihadiri pula oleh Kasi Ekonomi dan Pembangunan Desa Mulyaharja Rosani Sutawijaya.
Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Program Studi Manajemen Agribisnis Liisa Firhani Rahmasari, SP., M.Si.
Baca Juga: Buntut Dugaan Pungutan Sampul Buku Paket, Kepsek SMPN 1 Tirtamulya Karawang Dipanggil Saber Pungli
“Kami merasa sangat beruntung mendapatkan kesempatan menghadiri pelatihan yang sangat diperlukan oleh UMKM di Mulyaharja. Dengan adanya kegiatan ini semoga bisa menambah wawasan terutama tentang branding dan komersialisasi produk UMKM,” kata Rosani Sutawijaya.
Pelatihan dimulai dengan penyampaian materi mengenai pentingnya Branding dan Komersialisasi Produk yang disampaikan oleh Dr. Sanitianing Anggraeni, SP., MM, pentingnya mengetahui strategi pemasaran dan branding produk, agar konsumen mengingat produk kita dengan mudah.
Lebih lanjut materi mengenai strategi memahami selera konsumen yang selalu berubah untuk menaikkan penjualan disampaikan oleh Intani Dewi, S.Pt., M.Sc, M.Si.
Baca Juga: Masih Banyak Pelajar Karawang Pakai Knalpot Brong, Satpol PP dan Polisi Diminta Ambil Tindakan
Di sisi cara memasarkan produk pada masa sekarang, yang sudah serba digital, produsen perlu memperhatikan juga media yang banyak digunakan oleh konsumen dalam membeli berbagai produk, sehingga perlu melakukan strategi pemesaran digital, materi ini disampaikan oleh Liisa Firhani Rahmasari, SP., M.Si.
Sementara itu menurut Dr. Ir. Wien Kuntari, M.Si. ada hal penting yang perlu diperhatikan oleh UMKM sebagai produsen, yaitu pesan dan isi pesan yang ingin disampaikan, jangan sampai menjadi salah sasaran.