Minggu, 21 Desember 2025

Mahasiswa KKN-T Unida Beri Pelatihan Digital Marketing buat Pelaku UMKM Buah Pala di Warung Menteng

- Jumat, 18 Agustus 2023 | 14:35 WIB
Mahasiswa KKN-T Unida (unida)
Mahasiswa KKN-T Unida (unida)

METROPOLITAN.ID - Kelompok 13 Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Djuanda (Unida) Bogor melakukan pelatihan Digital marketing kepada para pelaku UMKM di Desa Warung Menteng, Kabupaten Bogor.

Pelaku UMKM Desa Warung Menteng rata-rata mempunyai produk olahan berbahan dasar buah pala

Dalam pelatihan tersebut, kelompok tim yang beranggotakan Muhamad Fadhil, Selina Aryadisti, Ghina Amalia, Tania Kauthar Nurjihan, Nabila Fadyal Bahri, Kadevin Dwi Zulfikar, Atiyyatul Maula, dan M. Attahariq Rifqi mengundang pemateri yang berlatar belakang seorang wirausaha muda.

Baca Juga: Pimpin Upacara HUT RI Terakhir Sebagai Wali Kota Bogor, Bima Arya Pamer Prestasi Adipura hingga Kota Toleran

Pengusaha muda yang telah berhasil merintis usahanya selama 3 tahun ke belakang untuk menyampaikan materi pengembangan UMKM berbasis digital

Ketua tim kelompok, Fadil, mengatakan orientasi dari kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan usaha yang terfokus pada dua aspek. Pertama, aspek penjualan dan aspek inovasi produk.

"Kami mengadakan program tersebut yang pastinya untuk pengembangan UMKM dan produk yang ditawarkan. Ada dua aspek yang menjadi fokus kami dalam program tersebut, yang pertama aspek pemasaran, dan yang kedua aspek inovasi produk," kata Fadil.

Baca Juga: Sejarah Kota Bekasi, Daerah Jumlah Penduduk Terbanyak Keempat di Indonesia

“Alhamdulillah, kegiatan yang kami laksanakan berjalan dengan lancer. Kami berharap output dari program tersebut dapat memberikan dampak signifikan dalam perkembangan UMKM yang berada di Desa Warung Menteng,” imbuh dia

Setelah program tersebut terlaksana, pihaknya juga melakukan evaluasi terkait program kerja tersebut agar output yang diberikan dapat benar-benar memberikan manfaat yang berkelanjutan.

Pihaknya berbincang dengan salah satu pelaku usaha untuk mengetahui apa yang memang menjadi kesulitan dalam pengimplementasian materi yang telah didapat.

“Kami bersama tim mencoba mengevaluasi kembali terkait kejelasan dan pemahaman mereka (para pelaku UMKM) terhadap materi yang telah diberikan, juga apa yang menjadi permasalahan ataupun kendala-kendala yang terjadi selama para pelaku UMKM menjalankan usahanya,” tuturnya.

Sementara itu, Ahmad Zaki selaku salah satu pelaku UMKM di Desa Warung Menteng mengatakan bahwa dengan adanya program pelatihan digital marketing tersebut dapat membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk.

Serta melakukan inovasi pada produk yang ditawarkan sehingga berdampak positif pada UMKM yang berada di Desa Warung Menteng.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X