Dalam pembelajaran era sekarang, ada sejumlah tuntutan kemampuan yang harus dimiliki siswa. Mulai dari kemampuan berpikir kritis, kerja sama, mengembangkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah. Tim Program PINTAR Tanoto Foundation mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan MIKiR untuk mencetak siswa dengan kemampuan abad ke-21. KEPALA Pembelajaran Tanoto Foundation, Ujang Sukandi, menuturkan, pembelajaran berbasis MIKiR mengajak siswa mengalami interaksi, komunikasi dan refleksi. Kegiatan tersebut merupakan unsur pembelajaran aktif yang selama ini mereka kembangkan. “Dengan MIKiR siswa akan difasilitasi untuk bekerja sama, mengembangkan kreativitas, berpikir kritis, memecahkan masalah serta melatih kemampuan berkomunikasi,’’ tuturnya. Mengimplementasikan pembelajaran berbasis MIKiR itu, Tim Program PINTAR Tanoto Foundation bekerja sama dengan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag. Total ada 30 widyaiswara madrasah dilatih materi pembelajaran berbasis MIKiR itu. Ujang melanjutkan, dalam penerapan MIKiR ada sejumlah unsur yang ditekankan. Salah satunya interaksi. Untuk unsur ini, siswa melakukan proses pertukaran gagasan, berdiskusi atau memberikan komentar serta pernyataan dan saling menjelaskan. Kegiatan ini dapat menunjang pola pemahaman konsep dengan baik. Sementara unsur komunikasi, siswa dimotivasi berani menyampaikan gagasan. Kegiatannya bisa berupa presentasi, mendemonstrasikan, menjelaskan, bercerita dan mengemukakan pendapat. Unsur pembelajaran terakhir adalah refleksi. Yaitu memunculkan sikap mau menerima kritik dan memperbaiki gagasan, hasil karya maupun sikap. Sementara itu, Kepala Bidang Program dan Pengendalian Mutu Pusdiklat Kemenag, Aden Daenuri, menyebutkan, paradigma guru-guru madrasah dalam mengajar harus berorientasi sebagai fasilitator. Saat ini jangan lagi guru sebagai satu-satunya pusat sumber belajar. Melalui kerja sama itu, mereka meningkatkan kemampuan widyaiswara agar kompeten dalam mendidik, mengajar, dan melatih pembelajaran aktif pada guru madrasah. (jp/feb/py)