METROPOLITAN.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember di bawah kepemimpinan Bupati Jember, melakukan langkah progresif guna memperpendek jarak antara birokrasi dan rakyat.
Terhitung mulai 14 Maret 2025, Pemkab Jember resmi mengoptimalkan ekosistem pengaduan masyarakat yang terintegrasi melalui "WADUL GUSE!".
Layanan ini bukan sekadar saluran telepon biasa, melainkan manifestasi dari semangat good governance yang transparan, akuntabel, dan responsif.
Dengan slogan yang lebih dekat di telinga masyarakat, "WADUL GUSE!" hadir sebagai solusi atas keluhan pelayanan publik yang selama ini mungkin dianggap birokratis dan lamban.
Baca Juga: Update Harga Emas dan Perak Antam Malam Ini Rabu 17 Desember 2025
Kini, keluhan soal infrastruktur, layanan kesehatan, hingga urusan kependudukan dapat diselesaikan dalam genggaman ponsel.
Layanan WADUL GUSE!
Wadah Pengaduan dan Aspirasi Langsung untuk Jember dirancang agar terasa lebih humanis dan mencerminkan kedekatan pemimpin dengan warganya.
Layanan ini mengintegrasikan berbagai platform komunikasi populer agar masyarakat dari berbagai lapisan dapat menjangkau pemerintah dengan mudah.
Baca Juga: Changan Indonesia Pamerkan Mobil Listrik Lumin dan Deepal S07 di Dua Mal Jakarta
Bagi warga Jember yang menemui jalan rusak, lampu penerangan jalan mati, atau kendala fasilitas publik lainnya, berikut adalah jalur resmi yang dapat digunakan:
- Hubungi nomor WhatsApp 0811-3111-1108. Layanan ini beroperasi 24 jam.
- Anda bisa menandai (tagging) atau mengirim pesan melalui akun Instagram dan Facebook resmi di @wadulguse.
- Untuk pengaduan yang bersifat formal atau membutuhkan lampiran dokumen yang lebih detail, masyarakat dapat mengirimkan surel ke [email protected].