Minggu, 21 Desember 2025

Hadirkan Performa Jaringan Terbaik, Pendapatan XL Axiata Tumbuh 12 Persen di Kuartal 1 2023

- Rabu, 10 Mei 2023 | 14:39 WIB
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini (XL Axiata)
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini (XL Axiata)

METROPOLITAN.ID - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melalui periode kuartal pertama tahun 2023 dengan kinerja keuangan yang tumbuh kuat. Selain itu, XL Axiata juga terus memacu layanan konvergensi sebagai produk masa depan yang menjanjikan.

Dari sisi pencapaian pendapatan selama kuartal pertama 2023 ini, XL Axiata berhasil meraih total pendapatan sebesar Rp7,55 triliun, tumbuh sebesar 12% lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu (YoY). Pendapatan data dan layanan digital mencapai Rp 6,91 trilun, atau sekitar 91,5% dari total pendapatan.

Semua pertumbuhan tersebut berdampak positif terhadap EBITDA yang tumbuh 13% YoY dengan margin 47%, menjadi Rp 3,58 triliun. Selain itu, XL Axiata juga membukukan pertumbuhan laba bersih setelah pajak (PAT), yaitu sebesar Rp 204 miliar.

Baca Juga: XL Axiata Raih Pertumbuhan Yang Solid Mengungguli Industri Dengan Performa Jaringan Terbaik

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, Periode kuartal pertama setiap tahun selalu penuh tantangan dan tidak mudah. Namun, pihaknya mampu membuktikan di kuartal pertama 2023 ini, mampu mencatatkan kinerja keuangan yang cukup kuat dengan pertumbuhan yang mencapai dua digit pada pendapatan, EBITDA, dan PAT secara YoY.

"Tentu ini semua merupakan hasil dari kerja keras kami di setiap lini, terutama dalam menghadirkan pengalaman pelanggan yang terbaik yang didukung penyediaan produk yang berkelanjutan dan kualitas jaringan yang mumpuni," kata dia.

XL Axiata menutup kuartal pertama 2023 dengan total pelanggan sebanyak 57,9 juta, dengan pencapaian blended ARPU (average revenue per user) yang juga meningkat dari Rp. 36 ribu di periode yang sama tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp 40 ribu.

Baca Juga: Ini Profil Singkat Ketua ISNU Jatim Prof Mas'ud Said

Meningkatnya blended ARPU ini tentunya selaras dengan fokus perusahaan untuk meraih dan mempertahankan pelanggan yang produktif. Selain itu, strategi transformasi digital 2.0 yang dijalankan XL Axiata termasuk dalam mengembangkan pengalaman pelanggan lewat aplikasi MyXL dan AXISNet terbukti efektif. Kedua aplikasi telah memberikan hasil yang sangat kuat hingga kuartal pertama 2023.

Tercatat lebih dari 26 juta pelanggan telah aktif menggunakan MyXL dan AXISNet, dengan pertumbuhan Monthly Active User (MAU) mencapai 47%YoY.

Tingkat penggunaan MyXL dan AXISNet tersebut akan semakin meningkatkan pengalaman pelanggan dan monetisasi oleh XL Axiata melalui pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pelanggan. Lebih banyak pengguna di kedua aplikasi tersebut akan mempertajam prediksi tentang tren yang akan datang dan perilaku pelanggan, serta memungkinkan untuk memberikan penawaran yang tepat kepada pelanggan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.

Baca Juga: Beli Kartu Perdana XL, Pelanggan Bisa Dapat Bonus Double Kuota Setahun Penuh!

Salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan. Strategi tersebut terus diterapkan di sepanjang kuartal pertama 2023 ini. Hasilnya, data net promoter score (NPS) terus meningkat secara signifikan, sehingga mendorong penggunaan layanan dan pada akhirnya juga membantu meningkatkan pendapatan.

Hasil dari penerapan strategi berbasis digital melalui data analytics juga memungkinkan XL Axiata berinvestasi di area yang bernilai tinggi dan membangun jaringan, termasuk untuk memenuhi permintaan dari seluruh segmen pelanggan.

Dengan data analytics ini juga memungkinkan XL Axiata mengevaluasi KPI (key performance indicator) di semua aspek terkait pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas pelanggan, sehingga perusahaan dapat merancang strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan dan peluang di waktu yang tepat.

Baca Juga: XL Prioritas Buka Pre-Order Eksklusif Samsung S23 Series, Mulai dari Rp50 Ribu per Bulan

Performa Jaringan Terus Meningkat

Pada sisi jaringan, inisiatif peningkatan kualitas jaringan terus XL Axiata lanjutkan setelah berhasil mengantar XL Axiata menutup tahun 2022 lalu dengan kemenangan di empat kategori survei independent Opensignal periode Desember 2022. XL Axiata menjadi yang terbaik di antara semua operator Indonesia untuk kategori pengalaman kecepatan unduh, pengalaman video, pengalaman gim, serta pengalaman aplikasi voice.

Keseriusan XL Axiata memperkuat jaringan juga tercermin dari pengalokasian mayoritas dari Rp 8 triliun dana belanja modal (Capex) untuk mendukung kebutuhan ekspansi jaringan. Hingga akhir Maret 2023, total jumlah BTS XL Axiata mencapai 147.516, dengan jumlah BTS 4G sebanyak ¬¬¬94.380 ribu unit. Jumlah BTS 4G ini tumbuhan 12,5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 55% (fiberized).

Investasi dan strategi jaringan yang terus dilakukan telah berhasil meningkatkan kualitas pengalaman jaringan yang lebih baik sehingga mampu meningkatkan penggunaan yang lebih tinggi. Hal ini terbukti dengan trafik yang tumbuh sebesar 19% YoY. Sementara itu, proses refarming spektrum 3G yang terus dilaksanakan hingga saat ini tinggal menyisakan kurang dari 1.252 unit BTS.

Baca Juga: 2 Bulan Berlalu Pelaku Utama Pembacokan Arya Saputra Belum Ditangkap, Keluarga: Kami Belum Tenang

Posisi keuangan XL Axiata sehat per akhir Maret 2023, utang kotor tercatat di angka Rp 8,83 triliun, dengan rasio gearing net debt to EBITDA (termasuk finance lease) sebesar 2,73x. Utang bersih tercatat sebesar Rp 7,09 triliun. XL Axiata tidak memiliki utang berdenominasi USD. Sebesar 56% dari pinjaman yang ada saat ini memiliki suku bunga mengambang (floating) dan 44% memiliki suku bunga tetap. Free Cash Flow (FCF) berada pada tingkat yang sehat, dengan peningkatan sebesar 12%, menjadi Rp 2,17 triliun.

• Pendapatan Rp 7,55 triliun, tumbuh 12% YoY
• EBITDA tumbuh 13% YoY menjadi Rp 3,58 triliun, Marjin mencapai 47%
• Laba bersih tumbuh 47% YoY
• Kontribusi pendapatan data dan layanan digital 91,5%
• Total pelanggan 57,9 juta
• Pelanggan 4G mencapai 93%
• Trafik layanan meningkat 19% YoY
• Jumlah Total Total BTS 2G dan 4G 147 ribu
• Penetrasi konvergensi 44%

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X