Senin, 30 Januari 2023

DTPHP Tambah Tupoksi Bidang Baru

- Rabu, 25 Januari 2017 | 10:15 WIB

 CIBINONG – Awal 2017 ini, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Per­kebunan (DTPHP) Kabupaten Bogor mendapatkan tambahan bidang baru, yakni Bidang Penyuluhan yang kini di­gawangi mantan Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan, Dinas Pertanian dan Per­hutanan (Distanhut) Nina Agustina pada 2016 lalu.

Dia mengatakan, bidang tersebut lebih mengarah atau membidik peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan hasil produktivitas. “Untuk awal kami menggelar sosialisasi kepada petani di Kabupaten Bogor dan dikumpulkan setiap kecamatan untuk mendapatkan penyuluhan tentang tata­cara pengelolaan lahan pertanian yang baik dan benar,” ujarnya.

Lebih lanjut Nina menjelaskan, satu dari empat bidang yang ada pada DT­PHP lebih fokus pada kegiatan teknis di lapangan, yakni menguji dan meng­evaluasi kegiatan petani setelah dila­kukan penyuluhan. “Kami juga bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menguji, mengevalusi dan menilai hasil penyuluhan SDM. Apa­bila mereka lolos, maka akan menda­patkan sertifikasi peningkatan SDM dari DTPHP dan IPB,” paparnya.

Nina berharap bidang yang sebelum­nya ada pada Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP5K) dapat memberikan warna baru pada dinas tersebut. “Saya berharap penyuluhan ini membawa dampak baik, khususnya petani di Kabupaten Bogor,” pungkas­nya.

(yos/feb/mg2/py)

Editor: admin metro

Tags

Terkini

Kunker ke Kota Kisarazu, Bima Arya Perkuat Kerja Sama

Senin, 28 November 2022 | 16:01 WIB

Bantu Korban Gempa Cianjur, Antam Turunkan ERG

Kamis, 24 November 2022 | 11:08 WIB
X