Senin, 22 Desember 2025

PDAM Jaga Pasokan Air ke Pelanggan

- Senin, 8 Juli 2019 | 12:57 WIB

METROPOLITAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor menjamin pa­sokan air bersih ke pelanggan tetap terjaga selama musim kemarau tahun ini. Meski debit air baku berkurang hampir 10 persen, dist­ribusi terpantau normal. Level dan volume air bersih di seluruh Re­servoir dilaporkan stabil.

Direktur Teknik PDAM Kota Bo­gor, Syaban Maulana, melalui Asi­sten Manajer Humas, R Poppi Rustanti, menyebutkan, sejak dua pekan terakhir debit air baku yang masuk ke Intake Ciherangpondok sedikit menurun rata-rata 50 liter per dari 1.900 liter per detik jadi 1.850-an liter per detik.

”Setiap musim kemarau biasanya debit mata air menurun. Begitu pula sumber mata air di hulu Sung­ai Cisadane. Karena debitnya turun, alirannya juga berkurang. Akibatnya air yang masuk ke Intake Ciherang­pondok berkurang rata-rata 50 liter per detik,” kata Poppi, kemarin.

PDAM pun berencana mengeruk sedimentasi di area bendung Intake Ciherangpondok. Tujuannya, me­maksimalkan air baku Sungai Cisa­dane ke intake. Begitu pula sumber mata air milik PDAM Kota Bogor. ”Relatif ada penurunan. Ada sedikit, tapi pastinya berapa, harus dihitung lebih spesifik,” ujarnya.

Meski debit air baku dilaporkan menurun, belum ada informasi gangguan pasokan yang signifikan sejauh ini. Kehadiran SPAM Katu­lampa dinilai sangat membantu ketersediaan air bersih, terutama di sebagian wilayah Kecamatan Bogor Timur dan Utara. ”Air baku dari Sungai Ciliwungi masih stabil di kisaran 250 liter per detik. Ka­laupun ada gangguan, seperti di Bogor Lakeside, biasanya karena pompanya mati karena volume reservoir sedang rendah. Namun secara umum, pelayanan tetap normal,” kata mantan kasubbag Hubungan Langganan itu.

PDAM jugamenyiapkan armada truk tangki dan Tangki Air Hydran Umum (TAHU) untuk menganti­sipasi gangguan ketersediaan air bersih selama kemarau. Sarana ini tidak hanya bagi pelanggan PDAM, tapi warga yang belum terdapat jaringan perpipaan air bersih.

”Ini bentuk kepedulian PDAM Kota Bogor terhadap warga yang terdampak kekeringan. Silakan hubungi Call Center di nomor 0251 8324111 dan WA 08111182123 bagi warga yang membutuhkan pasokan air bersih,” kata Poppi.

Setiap kemarau, PDAM selalu diminta Pemkot Bogor menyiapkan sarana ketersediaan air bersih di wilayah terdampak. Tiga tahun lalu, PDAM memasang dua unit TAHU di wilayah Mulyaharja Bogor Selatan dan Cimahpar Bogor Uta­ra dan beberapa daerah lain yang mendapat apresiasi Wali Kota Bo­gor, Bima Arya.(*/rez/py)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Terkini

Kunker ke Kota Kisarazu, Bima Arya Perkuat Kerja Sama

Senin, 28 November 2022 | 16:01 WIB

Bantu Korban Gempa Cianjur, Antam Turunkan ERG

Kamis, 24 November 2022 | 11:08 WIB
X