METROPOLITAN - Pre even Bogor Street Festival Pesta Rakyat Cap Go Meh (CGM) mulai berlangsung hari ini, Senin (13/1), yang dibuka dengan bazar kuliner. Bazar yang diikuti 24 tenan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ini akan berlangsung dua minggu hingga 26 Januari 2020 di pelataran lobi utama mal BTM, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bogor. Ketua pelaksana Bogor Street Festival Pesta Rakyat CGM 2020 Arifin Himawan menjelaskan, ini adalah pre even pertama CGM 2020 yang dibuka dengan bazar kuliner dan Padus Oma Ceria di mal BTM. Yang menarik dan berbeda di tahun ini, menurutnya, Bogor Street Festival Pesta Rakyat CGM 2020 masuk salah satu dari seratus kegiatan yang dipilih Kementerian Pariwisata (Kemenpar). "Kurang lebih dari 3.000 even di 500 kota dan kabupaten seluruh Indonesia yang diseleksi, Kota Bogor masuk calender of event 100 kegiatan Kemenpar RI. Artinya Kota Bogor di 2020 ini mendapat kehormatan dan kesempatan masuk salah satu agenda nasional," kata pria yang akrab disapa Ahim itu. Ia melanjutkan, karena acara ini rutin digelar setiap tahun, seperti yang sudah-sudah, panitia selalu ingin menampilkan sesuatu yang menarik. Rangkaian pre even dimulai dari hari ini hingga 8 Februari. Rangkaiannya ada bazar kuliner di mal BTM, kemudian talkshow Kick Andy, lalu bazar di Vihara Dhanagun dari 29 Januari hingga 5 Februari, kemudian pameran foto CGM dari 29 Januari hingga 5 Februari dan baksos ke panti-panti asuhan. Untuk peserta pawai di 8 Februari nanti yang rencananya akan dimulai pukul 16:00 WIB, panitia mengalokasikan 25 tim liong barongsai, 15 dari Kota Bogor dan sepuluh lagi dari luar Kota Bogor. Kemudian tim sanggar seni budaya di luar barongsai ada 34 ditambah tandu Joli ada 19. Rutenya masih sama seperti tahun lalu yakni dari Jalan Suryakancana hingga simpang tiga Batutulis di Jalan Siliwangi. "Tema yang kita usung masih sama yakni ‘Ajang Budaya Pemersatu Bangsa’. Kita coba membawa budaya sebagai salah satu ikon di Kota Bogor. Nah, ini yang membedakan Kota Bogor dengan kota lain. Di mana kita konsisten untuk terus mengangkat soal budaya. Karena dengan budaya kita bisa bersatu," ucapnya. Ia menambahkan, selain masuk calender of event Kemenpar, yang berbeda di CGM 2020 ini adalah wajah baru Jalan Suryakancana yang kini lebih cantik dari tahun sebelumnya. Sarana prasarana dan pencahayaan di sepanjang Jalan Suryakancana sudah ditata dengan sangat baik. Tentunya ini bisa lebih memberikan ruang kepada masyarakat yang menikmati sajian acara pada 8 Februari nanti. Sementara itu, Center Director Mal BTM Andreas Slamet menyambut baik acara bazar kuliner sebagai pre even pertama yang dilangsungkan di mal BTM. Ia mengatakan, bazar ini adalah kegiatan dari panitia CGM yang bekerja sama dengan Pemkot Bogor untuk memberdayakan dan memfasilitasi pengusaha-pengusaha UKM Kota Bogor agar bisa bersanding dan sejajar dengan pengusaha multinasional yang ada di mal BTM. Tenan yang tergabung dalam bazar rakyat CGM 2020 bervariasi, mulai dari makanan dan minuman seperti sate padang, bakso beranak, kepala kakap pariaman, alpukat kocok, teh poci dan lain sebagainnya. Selain itu ada pesta durian, di antaranya durian potret, bomber, otong dan lainnya. "Tentu saja di bazar ini harganya pasti murah dan barangnya bagus-bagus. Selain itu, kita sisipkan juga kegiatan budayanya seperti kegiatan budaya yang mengangkat kearifan lokal. Semua akan tampil di bazar rakyat CGM. Jadi, acara CGM ini, tidak hanya meningkatkan skala ekonomi kreatif UMKM tetapi juga mempromosikan sisi pariwisata dan melestarikan kebudayaan Bogor. Ini sesuai dengan visi Mall BTM yakni menjadi pusat perbelanjaan dan rekreasi terkemuka di Kota Bogor," ungkapnya. Andreas mengungkapkan, Bogor Street Festival merupakan salah satu kegiatan pariwisata berbasis ekonomi kreatif yang menjadi sektor potensial di Kota Bogor. Selain sebagai ranah strategis untuk mengeskalasi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), pengembangan pariwisata Kota Bogor pun diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan domestik dan asing untuk berinvestasi di Kota Bogor. Dari itu, Mall BTM sebagai pusat perbelanjaan dan rekreasi terkemuka di Kota Bogor, konsisten mendukung Kota Bogor sebagai kota pariwisata dan ekonomi kreatif melalui rangkaian kegiatan dan program yang dikembangkan untuk memperkuat city branding Kota Bogor. "Mall BTM akan berpartisipasi aktif terhadap kegiatan Bogor Street Fest CGM yang menjadi agenda nasional serta di dukung oleh Pemerintah Kota Bogor. Oleh karena itu, kita berpartisipasi aktif terlibat di dalam rangkaian kegiatan, baik pra event, saat event dan setelah event untuk ajang budaya dan pemersatu bangsa," pungkasnya. (dil/c/feb/run)