Senin, 22 Desember 2025

Cegah Kerumunan, BPJS Kesehatan Terapkan Antrean Online

- Sabtu, 1 Mei 2021 | 16:15 WIB

METROPOLITAN - Mengik­uti kAdd Newemajuan teknologi pada masa industri 4.0 dituntut berinovasi dalam kemudahan dan simplifikasi pelayanan. Termasuk BPJS Kesehatan yang terus meningkatkan mutu layanan operasional maupun memenuhi kebutu­han stakeholder. Sejalan dengan itu, BPJS Kesehatan menghadirkan aplikasi Mo­bile JKN pada smartphone. Aplikasi Mobile JKN dilen­gkapi fitur/menu dari tiap fasilitas-fasilitas yang diberi­kan BPJS Kesehatan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Salah satu menu di aplikasi Mobile JKN adalah Pendaf­taran Pelayanan yang meru­pakan antrean online adalah solusi atas kasus antrean yang membeludak di Fasilitas Kese­hatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti di puskesmas, klinik. Pada kegiatan acara Media Gathering Ngopi JKN yang dihadiri insan media berbeda, Kepala Bidang Penjamin Man­faat Primer (PMP) Diana Mustikasari memberikan pa­paran terkait antrean online FKTP dalam upaya pening­katan kepuasan peserta. “Penggunaan aplikasi Mo­bile JKN membuat pasien tidak perlu antre terlalu lama karena cukup mendaftar lewat apli­kasi, kemudian sudah muncul nomor antrean, dan peserta bisa memperkirakan jam be­rapa harus datang ke fasilitas kesehatan. Dengan adanya kemudahan pendaftaran an­trean di fasilitas kesehatan melalui Mobile JKN ini, ke­puasan peserta dapat mening­kat,” Ujar Diana, Kamis (29/4). Aplikasi Mobile JKN sebagai solusi yang memberikan ke­mudahan pelayanan kepada peserta Program JKN-KIS yang menggunakannya. Ke depan­nya, baik pasien maupun FKTP, sudah memanfaatkan secara maksimal layanan antrean online. Manfaat positif yang dirasakan pasien juga dapat berdampak pada meningkat­nya kepuasan peserta terhadap layanan di FKTP. “Sebagian besar FKTP sudah memanfaatkan antrean on­line karena manfaat layanan ini bukan hanya didapatkan pasien tapi FKTP juga ber­dampak positif seperti upaya pencegahan transmisi Co­vid-19, mengurangi antrean pendaftaran peserta di FKTP, sistem antrean online otoma­tis terkoneksi dengan Apli­kasi P-Care, dan FKTP terin­formasi lebih awal terkait kondisi peserta, karena pe­serta dapat menuliskan kelu­hannya di Mobile JKN,” im­buhnya. Ia menambahkan, sudah se­harusnya masyarakat meman­faatkan aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan kemuda­han pelayanan. BPJS Kesehatan terus berfokus pada peng­embangan inovasi dalam pe­ningkatan mutu layanan yang akan berdampak pada tingkat kepuasan peserta. ”Hal tersebut didukung pe­ran awak media dalam fung­si menyalurkan informasi kepada masyarakat akan salah satu kemudahan layanan se­perti antrean online pada aplikasi Mobile JKN,” tutupnya. (ryn/run)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Terkini

Kunker ke Kota Kisarazu, Bima Arya Perkuat Kerja Sama

Senin, 28 November 2022 | 16:01 WIB

Bantu Korban Gempa Cianjur, Antam Turunkan ERG

Kamis, 24 November 2022 | 11:08 WIB
X