Minggu, 21 Desember 2025

Sehari Bisa Ribuan Pengaduan Masuk, Bupati Rudy Susmanto Ingin Sempurnakan Layanan Kegawatdaruratan Command Center 112

- Rabu, 14 Mei 2025 | 19:31 WIB
Bupati Bogor Rudy Susmanto saat mengunjungi Command Center 112 di Komplek Sekretariat Daerah, Cibinong, Rabu, 14 Mei 2025. (Arifin - Metropolitan)
Bupati Bogor Rudy Susmanto saat mengunjungi Command Center 112 di Komplek Sekretariat Daerah, Cibinong, Rabu, 14 Mei 2025. (Arifin - Metropolitan)


METROPOLITAN.ID
- Bupati Bogor Rudy Susmanto bersama pimpinan DPRD Kabupaten Bogor mengunjungi Command Center 112 Kabupaten Bogor di komplek Sekretariat Daerah, Cibinong, Rabu, 14 Mei 2025.

Command Center 112 merupakan layanan kegawatdaruratan milik Pemkab Bogor yang menyediakan berbagai layanan seperti penyelamatan, telemedicine, peringatan cuaca dan lainnya.

Dalam sehari, Command Center 112 bisa menerima hingga ribuan aduan dari masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Sehari bisa berapa warga yang telpon," tanya Bupati Bogor Rudy Susmanto kepada salah operator 112.

"Bisa 800 sampai 100.000 telpon yang masuk, Pak, dalam sehari. Setahun bisa lebih dari 1,7 juta," jawab salah satu operator 112.

Rudy Susmanto menjelaskan, Command Center 112 ini selaras dengan cita-cita menghadirkan data digital desa yang terintegrasi dengan pemerintah daerah.

Untuk itu, Rudy Susmanto ingin menyempurnakan layanan siaga Kabupaten Bogor karena kehadirannya sangat dirasakan masyarakat.

"Command center ini walaupun belum sempurna seutuhnya, kalau bicara sistem belum selesai. Operator harus ditambah, beberapa tim harus dipersiapkan supaya kita melayani masyarakat secara prima baru kita akan publikasikan umum sepenuhnya kepada masyarakat, walaupun sudah beroperasi dari beberapa tahun terakhir," ujar Rudy Susmanto.

Ia menjelaskan, Command Center 112 merupakan layanan aduan untuk masyarakat yang perlu ditindaklanjuti segera.

Ketika aduan masyarakat masuk, operator akan meneruskan laporan ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk ditindaklanjuti segera.

"Command center lebih kepada aduan masyarakat yang perlu ditindaklanjuti segera, jadi command center fungsinya mengkomunikasikan dengan beberapa SKPD terkait. Contoh ada pohon tumbang, kebakaran, butuh layanan ambulans, butuh penanganan kesehatan kedaruratan, dan beroperasi 24 jam," jelas Rudy Susmanto.

Meski sudah beroperasi, Rudy Susmanto melihat masih ada beberapa kendala keterbatasan.

Ia pun memohon maaf dan berjanji akan menyempurnakan layanan command center ke depannya.

"Tempat ini bukan kami yang menginisiasi, tempat ini sudah ada dari beberapa tahun sebelumnya, kita hanya menjalankan. Program yang baik kita sempurnakan, kita lanjutkan, tentunya manfaatnya untuk kepentingan masyarakat," terang Rudy Susmanto.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X