Minggu, 21 Desember 2025

MPP Kota Sukabumi Dipadati Pengunjung, Bukti Pelayanan Makin Diminati

- Senin, 10 Februari 2025 | 08:14 WIB
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji memberikan apresiasi saat meninjau MPP Kota Sukabumi di kantor DPMPTSP (ist)
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji memberikan apresiasi saat meninjau MPP Kota Sukabumi di kantor DPMPTSP (ist)

METROPOLITAN.ID - Peningkatan kualitas pelayanan publik terus menjadi prioritas Pemerintah Kota Sukabumi. Salah satu buktinya adalah semakin tingginya jumlah pengunjung di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Sukabumi yang kini di Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Sejak diresmikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada 7 Maret 2024, MPP ini telah melayani ribuan warga yang membutuhkan berbagai layanan administrasi.

Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan, mengungkapkan bahwa sejak MPP berdiri, pihaknya telah mengeluarkan 23.900 dokumen perizinan maupun non-perizinan.

Baca Juga: PWI Kota Sukabumi Rayakan HPN 2025, Wujudkan Penguatan Profesionalisme Wartawan

"Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias memanfaatkan keberadaan MPP ini. Dengan konsep pelayanan satu atap, berbagai kebutuhan administrasi dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien," ujar Iskandar.

Saat ini, MPP Kota Sukabumi menyediakan 107 layanan dari 23 tenant yang terdiri dari instansi pemerintah pusat, daerah, BUMN, BUMD, hingga sektor swasta. Kehadiran berbagai layanan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya dalam pengurusan dokumen perizinan usaha, kependudukan, serta berbagai administrasi lainnya.

Selain itu, dengan sistem pelayanan yang semakin terintegrasi, daya saing daerah dalam sektor investasi dan ekonomi pun ikut meningkat. Sebelumnya, MPP Kota Sukabumi beroperasi di Mall Tiara.

Baca Juga: Hotel Anugrah Sukabumi Viral di Medsos Setelah Denda Tamu Rp1 Juta, Ini Penyebabnya

Namun, sejak September 2023, lokasi pelayanan dialihkan ke Kantor DPMPTSP atas arahan Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan kenyamanan lebih bagi masyarakat.

"Sejak relokasi dilakukan, jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan, menunjukkan bahwa masyarakat merespons positif layanan yang diberikan," kata dia.

Pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi pelayanan publik di MPP. Semangat kolaborasi antara berbagai instansi akan terus dijaga guna memastikan pelayanan yang lebih mudah, cepat, dan nyaman bagi masyarakat.

"Kami akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar layanan di MPP semakin optimal dan memenuhi harapan masyarakat," pungkas dia. (Usep)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak-anak Kena Judol, Kegagalan Negara Sekuler?

Selasa, 3 Juni 2025 | 12:13 WIB

Wakil Bupati Purwakarta Lepas 308 Jemaah Haji

Senin, 26 Mei 2025 | 12:49 WIB
X